Mengenai Saya

Foto saya
Ketua komisi isu PUSKOMDA SOLO RAYA 2008, Presiden Partai Gerbang UNS 2007-2008 Ketua Bidang Humas KAMMI Sholahudin Al-Ayubi UNS 2007 Anggota Dewan Mahasiswa FKIP UNS 2007 Mentri Dalam Negeri BEM FKIP UNS 2006

Sabtu, 06 September 2008

Ramadhan Waktunya untuk Produktif

Ramadhan bulan yang dinantikan banyak orang muslim dengan berbagai pikiran dan benaknya dalam menjumpai bulan yang mulia ini. Namun satu hal yang menjadi sebuah catatan bagi kita semua terutama saudara-saudara muslim di negeri indonesia tercinta ini. momentum ramadhan ini kebanyakan orang berpikir dan bertindak menjadikan alasan berpuasa untuk membatasi potensi yang dimilikinya, bukan untuk dioptimalkan amalnya yang lebih baik dari bulan-bulan Ramadhan, dengan dalih menghemat energi, supaya kuat berpuasa sampai waktu magrib dan banyak dalih untuk memaklumkan bahwa jangan terlalu banyak aktifitas.

Hal dapat di lihat dengan fenomena kebijakan pemerintah jadwal sekolah di mulai lebih siang,begitu juga ketika dengan jam masuk kerja, jam sekolah dan jam kerja di persingkat, di siang hari masjid juga penuh dengan aktifitas ibadah "menuaikan" hak tubuh. seakan - akan persepsi umat islam ini jika berjumpa ramadhan semua menjadi serba terbatasi segala aktifitasnya, mending klo ibadah ukrawinya (secara vertikal) banyak. Tapi kebanyakan orang........(yg membaca tulisan ini pasti taulah)

Tidak kah kita malu dengan saudara - saudara muslimin kaum pendahulu kita, di saat bulan ramadhan dengan semangat dan kedekatan umat islam dengan Rabbnya seharusnya menjadi energi tambahan yang dapat meledakkan potensi kita. hal ini dapat dilihat dari sejarah sejak jaman Rasulullah banyak peperangan yang dimenangkan pada bulan Ramadhan, misal perang badar, peristiwa fathu mekkah,selain itu penaklukan jerusalem yang dilakukan oleh sholahudin Al Ayubi, bahkan kemerdekaan bangsa indonesia terjadi pada bulan Ramadhan. Mungkin kita bisa mengkoreksi ibadah – ibadah yang kita lakukan, logikanya adalah jika kita semakin dekat dengan Rabb kita dan memahami tentang ajaran islam hendaknya kita tambah bersemangat dan produktif karena bulan Ramdhan ini merupakan bulan penuh rahmat, dibukanya pintu surga, ditutupnya pintu neraka. yang membawa suasan kita lebih dekat dengan Allah SWT.

Semoga dari sedikit yang saya sampaikan sini, mari kita bersama – sama membangun arus pemikiran dan arus gerakan kepada orang –orang disekitar dan umat islam di indonesia untuk menjadikan ramadhan bukanlah alasan untuk tidak produktifnya seorang muslim, meminimalkan potensinya, membatasi kerjanya dan membatasi semangat dalam beramal kebaikan.

Tidak ada komentar: